kain tenun endek

Kain Khas Nusantara, Kain Tenun Endek Bali

Kain khas nusantara, kembali lagi ke topic kain nusantara. Kain di Indonesia banyak sekali ragamnya, dari model hinga paduan warnanya. Oleh sebab itu, kita harus bisa menjaga kain khas nusantara ini. Setiap daerah pasti setidaknya punya satu kain khas dari daerahnya. Sama halnya dengan kain endek dari Bali. Sebenarnya, banyak sekali kain kain khas nusantara namun focus kita kali ini akan membahas tentang kain endek yang merupakan kain khas bali.

Sebelumnya, kalian tau apa itu kain endek? Apa sih kain endek Bali?

Endek salah satu jenis kain tenun ikat yang ada di pulau Bali. Kain tenun Endek adalah yang paling populer diantara enam jenis kain tenun khas Bali. Sejarah kain Endek Bali memiliki makna simbolik yang sakral dan hanya boleh digunakan oleh orang – orang berkuasa di Bali. Seperti raja, keturunan raja, serta tokoh – tokoh agama.

Lain dulu lain sekarang, saat ini kain Endek sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Sudah banyak sekali beredar Endek cetakan pabrik dengan warna dan motif yang hampir sama. Harga kain Endek produksi mesin yang ditawarkan juga relatif murah. Perbedaan harga hampir setengah harga dari kain tenun Endek asli Bali. Hal ini kadang membuat orang tertipu karena tidak dapat membedakan kain Endek asli tenun dengan kain Endek hasil mesin.

Bagaimana dengan jenis kain Endek? Jenis kain Endek ada bermacam – macam, dibagi berdasarkan bahan yang digunakan dan daerah pengerajin tenun Endek di Bali. Mari kita lanjutkan mengenai sejarah kain Endek Bali.

Setelah mengetahui tentang Kain Endek, kalian penasaran gak sih sejarah Kain Endek ini?

SEJARAH KAIN ENDEK BALI

Kapan kain Endek Bali mulai dikenal? Sekitar tahun 1975 kain endek bali dikembangkan oleh pengerajin kain asal klungkung.Dimulai dari usaha kecil ibu – ibu rumah tangga di desa . Industri rumah tangga ini kemudian diikuti  beberapa daerah di Bali antara tahun 1985 – 1990. Setiap daerah menghasilkan motif kain yang berbeda dengan berbagai pilihan warna yang menjadikan ciri khas masing – masing pengerajin.

Pasang surut produksi  sempat terjadi kisaran tahun 2008 – 2010. Banyak penenun mengeluh, harga benang dan bahan dasar pembuatan  kain endek  yang mahal sehingga mereka tidak bisa memproduksi kain endek yang sesuai dengan permintaan pasar.

Semua usaha tersebut tentunya membuahkan hasil, karena Kain Endet tidak hanya terkenal di Bali saja, sekarang sudah tersebar ke luar Bali.

Diatas adalah penjelasan singkat tentang Kain Endek Bali. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *