Tips Perawatan Kain Songket Dengan Benar

Konveksi Baju Online 085697924402

Kain songket, mungkin kain yang satu ini sudah sangat terkenal. Pamornya sudah sangat terkenal di masyarakat karena penyebarannya sudah ada dimana-mana. Kain songket pada sekarang ini bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Karena permintaannya yang tinggi di pasaran membuat kain ini bisa emnjadi primadona dalam berbisnis.

Kain songket sendiri memerlukan pengerjaan yang cukup lama, tergantung dari tingkat kesulitan motifnya. Biasanya memakan waktu satu minggu atau bahkan satu bulan. Dari pengerjaannya saja yang lama, membuat daya tari tersendiri bagi para pemakainya.

Mungkin banyak dari pembaca artikel ini yang mempunyai kain songket. Tapi, kalian pernah tau enggak sih perawatan kain ini? Kain songket juga harus ada perawatannya loh! Enggak sembarangan aja. Nah, pada kesempatan kali ini Konveksi Baju Online akan menjelaskan sedikit tentang bagaimana perawatan kain songket agar kain songket kesayangan kalian tetap awet dan terjaga.Karena saying kan kalau kain songket kalian harus rusak karena tidak tepat merawatnya. Nah, dibawah ini adalah tips merawat kain songket dengan baik.

  1. Setelah memakainya, sebaiknya kain songket langsung anda angin-anginkan dengan meletakkan bagian dalam dihadapkan ke luar. Kain songket jangan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung, karena dapat menghilangkan kilap benang emas maupun perak yang ada pada kain.
  2. Untuk mencucinya, kain songket sebaiknya tidak dicuci dengan menggunakan mesin cuci dan deterjen. Mencucinya bisa dengan dry clean atau dibasahi dengan air saja. Jangan pula memerasnya.
  3. Apabila anda ingin menyetrika kain songket, maka sebaiknya lapisi terlebih dahulu dengan kain halus. Jangan menggunakan suhu yang tinggi karena bisa menghilangkan kilap emas maupun peraknya. Jadi gunakanlah suhu yang paling rendah saja.
  4. Untuk menyimpannya, kain songket sebaiknya diganutng dan bukannya dilipat. Karena apabila dilipat dan bertumpuk dengan kain lain, nantinya lipatannya akan berbekas. Sehingga benang-benang akan akan mudah terpisah dan bisa putus. Atau anda juga bisa menggulungnya dan dilapisi dengan kertas minyak putih. Jangan menggunakan plastik karena dapat membuat songket lembab dan berjamur. Setelah digulung dan dilapisi kertas minyak, masukkan dalam kotak khusus penyimpanan.
  5. Untuk menghindari kutu dan jamur, janganlah menyemprotkan bahan kimia langsung ke kain songket. Karena akan menimbulkan noda yang tidak bisa hilang. Anda bisa menggunakan biji merica atau lada yang ditaruh dalam plastik dan dilubangin kecil-kecil. Setelah itu gantungkan di dekat area penyimpanan songket.

 

Nah, diatas adalah penjelasan sedikit tentang perawatan kain songket. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *