Penjelasan Paling Lengkap Tentang Jasa Jahit.

 

Apa yang kalian pikirkan bila mendengar kata “Jahit”? Menjahit? Penjahit? Atau jasa jahit? Mungkin kalian akan bertanya-tanya tentang darimana sih jahit itu dimulai? Oleh karena itu, coba simak artikel dibawah agar lebih tau apa yang dimaksud jahit itu sendiri. So, check this out!

Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit. Orang yang bekerja menjahit pakaian disebut penjahit. Penjahit pakaian pria disebut tailor, sedangkan penjahit pakaian wanita disebut modiste. Pendidikan menjahit dapat diperoleh di kursus menjahit atau sekolah mode.

Produk jahit-menjahit dapat berupa pakaian, tirai, kasur, seprai, taplak, kain pelapis mebel, dan kain pelapis jok. Benda-benda lain yang dijahit misalnya layar, bendera, tenda, sepatu, tas, dan sampul buku.

Di industri garmen, menjahit sebagian besar dilakukan memakai mesin jahit. Di rumah, orang menjahit memakai jarum tangan atau mesin jahit. Pekerjaan ringan yang melibatkan jahit-menjahit di rumah misalnya membetulkan jahitan yang terlepas, menisik pakaian, atau memasang kancing yang terlepas. Sebagai seni kriya, orang menjahit untuk membuat saputangan, serbet, bordir, hingga boneka isi dan kerajinan perca.

Setelah tau maksud dari jahit atau menjahit itu sendiri, pasti kalian penasaran kan gimana sih rposes menjahitnya? Untuk proses menjahit pakaian itu senduri ada 4 proses, lebih jelasnya coba cek penjelasan dibawah ini:

Pekerjaan menjahit pakaian terdiri dari tahap pembuatan pola, pemotongan bahan, dan menjahit..

Pembuatan pola

Dalam istilah desain busana, pola adalah bagian-bagian pakaian yang dibuat dari kertas untuk dijiplak ke atas kain sebelum kain digunting dan dijahit. Pola dasar dibuat berdasarkan model pakaian, dan ukurannya disesuaikan dengan ukuran badan pemakai. Ada dua teknik utama dalam membuat pola dasar[1]: konstruksi datar yang menggambar pola di atas kertas dengan memakai pengukuran-pengukuran yang akurat, dan konstruksi padat (pola draping) yang membuat pola memakai kain muslin atau belacu di atas boneka jahit. Metode menggambar pola sesuai nama pencipta metode, misalnya Dressmaking dan So-En dari Jepang, atau Danckaerts dan Cuppens Geurs dari Belanda. Majalah wanita juga sering memuat pola siap pakai (pola jadi) berikut instruksi cara menjahitnya.

Pemotongan bahan

Setelah pola disematkan ke kain dengan jarum pentul, kain digunting sesuai pola yang dijadikan contoh. Dalam produksi pakaian secara massal, kain dipotong dengan mesin potong. Sebelum pola dilepas dari bahan, garis-garis dan tanda-tanda pada pola dijiplak ke atas kain dengan bantuan rader, karbon jahit, dan kapur jahit.

Pekerjaan menjahit

Setelah kain digunting, potongan kain disambung dengan memakai jarum tangan atau mesin jahit. Dalam menjahit dikenal sejumlah teknik jahitan, misalnya tusuk balik (setik balik), tusuk rantai, dan tusuk tangkai. Selain itu dikenal jahitan kampuh untuk menyambung dua helai kain menjadi satu, dan teknik menjahit kelim. Walaupun jahitan mesin lebih rapi daripada jahitan tangan, tidak semua teknik jahitan dapat dilakukan dengan mesin. Setelah pakaian selesai dijahit, bagian tepi kampuh yang bertiras dirapikan dengan mesin obras agar benang-benang kain tidak terlepas.

Penyelesaian akhir

Setelah selesai, pakaian sering perlu dilicinkan dengan setrika di atas papan setrika. Penyetrikaan bagian-bagian yang sulit seperti lengan baju dilakukan dengan bantuan bantal setrika.

Penjelasan diatas cukup bisa dimengerti, kan? Jadi diatas adalah contoh tentang bagaimana menjahit itu sendiri. Lalu, apa ada teknik yang dipakai untuk menjahit? Ada! Teknik menjahit itu dasarnya adalah Benang dan jarum ditusukkan ke kain untuk membuat berbagai bentuk jahitan sehingga dikenal berbagai jenis tusuk atau setik. Tusuk jelujur dan setik jelujur misalnya, mengacu kepada teknik menjahit dan menyulam yang sama.

Menjahit juga biasanya memerlukan beberpa alat seperti pada perkerjaan pada umumnya, berikut ini kami sebutkan beberapa alat jahit yang umumnya dipakai oleh penjahit rumahan, konveksi ataupun garmen. Alatnya sendiri ada Benang, Gunting, Jarum Jahit, jarum Pentul, Bantalan Jarum, Mesin Jahit, Spul, Pendedel (Pembuka Jahitan), Bidal (Topi Jari), sekoci, Sepatu jahit, Mesin obras, Mesin rumah kancing, Mesin pasang kancing, Mesin som, Mesin plisket, Alat ukur, Alat potong, Alat penanda kain, pensil dll.

Jarum, seperti yang kita ketahui jarum sudah sangat melekat dengan kegiatan jahit menjahit. Jarum jahit sendir adalah  alat menjahit berbentuk batang yang salah satu ujungnya runcing, dan memiliki mata jarum sebagai lubang lewatnya benang. Pada zaman kuno, jarum dibuat dari tulang hewan atau kayu. Jarum jahit modern dibuat dari kawat baja karbon tinggi berlapis nikel atau emas sebagai pencegah korosi.

Jarum untuk menjahit dengan tangan (jarum tangan) memiliki mata jarum pada bagian pangkal. Jarum pentol digunakan untuk menyematkan pola pada bahan. Ketika tidak sedang digunakan, jarum pentol dan jarum tangan ditusukkan ke bantal jarum untuk mencegah cedera.

Ukuran jarum jahit dinyatakan dengan nomor pada kotak jarum atau kemasan. Menurut konvensi, makin kecil nomor jarum, makin besar pula ukuran jarum. Jarum nomor 1 lebih panjang dan berdiameter jauh lebih besar dibandingkan jarum nomor 10 yang lebih pendek dan berdiameter lebih kecil.

Jarum sendiri memiliki beberapa jenis, contohnya adalah sebagai berikut ini:

Jarum serbaguna ( Jarum Sharp )

Jarum untuk menjahit dengan tangan. Ujung jarum tajam, mata jarum bundar, dan panjangnya sedang.

Jarum wol atau Jarum bordir

Serupa dengan jarum sharp, namun memiliki mata jarum yang lebih panjang agar mudah memasukkan beberapa helai benang sekaligus atau benang sulam dari wol.

Jarum mesin jahit (untuk mesin jahit manual, semiotomatis dan otomatis.

Diatas adalah penjelasan singkat mengenai dunia jahit menjahit. Semoga artkel ini bermanfaat sebagai pembelajaran dan juga pengetahuan tentang bagaimana dunia jahit menjahit itu sendiri.

Mungkin kalian bertanya, ada gak sih tempat jasa jahit yang terjangkau namun berkualitas bagus? Jawabanya ada! “Konveksi Baju Online” bisa menjadi pilihan kalian. Dengan menggunakan bahan-bahan terbaik dan juga berkualitas serta harga yang terjangkau. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut, bisa menghubungi 085697924402 atau bisa mendatangi langsung workshop kami di JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

 

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *