Menentukan Jenis Kain

Menentukan Jenis Kain

Pakaian yang bisa dipesan dalam bentuk konveksi seragam tidak hanya terdiri dari bahan kaos atau katun saja. Segala jenis kain bisa digunakan bisa dipesan untuk dibuatkan menjadi seragam dalam jumlah besar. Beberapa jenis kain utamanya terdiri dari bahan katun dengan beragam jenis. Adakalnya juga terdiri dari campuran katun dengan bahan lain. Jenis yang biasa digunakan adalah katun, cardet, Polyester, TC (Teteron Cotton, Viscose, CVC (Cotton Viscose), Hyget. Kain lain yang turut sering digunakan adalah Fleece. Bahan ini umumnya digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian jaket termasuk Cardigan, Jumper, juga Hoodie.

Untuk bahan katun tersedia dalam beberapa macam dilihat dari ketebalan yang ada. Bahan katun combed terdiri dari serat kapas murni yang memiliki sifat halus dan nyaman sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pakaian seragam. Produk usaha konveksi rata – rata paling banyak menggunakan bahan ini karena daya serap keringatnya yang tinggi serta tingkat kenyamanan saat dipakai yang sangat baik. Jenis katun combed yang tersedia bermacam – macam termasuk 20s, 24s, dan 30s. Jenis kain Cardet juga tersedia menjadi 2 jenis yakni 20s dan 30s. Umumnya jenis bahan ini digunakan untuk pembuatan seragam buruh, kaos oblong untuk kegiatan olahraga, juga kaos pabrik.

Bahan lain yang seringkali digunakan adalah Polyester juga mode PE. Bahan ini adalah bahan kaos dengan serat sintetis dari bahan ester yang merupakan salah satu bahan pembuatan serat Fiberpoly. Bahan lain adalah TC ( Teteron Cotton) yang merupakan pencampuran dari bahan Cotton Combed sebesar 35% dan Polyester 65%. Bahan Viscose atau Rayon terbuat dari serat Celuosa Oragnis yang memiliki tekstur lembut dengan warna lebih cerah. Tingkat kenyamanan menggunakan bahan ini juga sangat baik hanya bila dilihat dari segi harga, cenderung lebih mahal untuk usaha konveksi seragam. Lanjut ke bahan lainnya adalah CVC (Cotton Viscose).

Bahan ini merupakan gabungan atau pencampuran dari bahan Viscose sebanyak 45% dan Cotton Combed sebanyak 55%. Bahan ini menyerap keringat dengan sangat nyaman. Kadang bahan ini juga yang paling banyak dipilih oleh pelanggan yang menghendaki seragam berbahan nyaman dan mudah dibuat. Selanjutnya, model bahan terakhir adalah Hyget. Bahan ini memiliki tekstur yang bisa dibilang paling rendah di antara yang lainnya. Tapi dari segi harga, sangat murah sehingga seringkali digunakan sebagai bahan untuk pembuatan kaos murah dalam jumlah banyak. Seringkali bahan ini juga yang paling banyak digunakan untuk pembuatan kaos partai.