kain koffo

Kain Khas Nusantara, Kain Tenun Koffo

Kain tenun koffo. Indonesia memiliki berbagai macam motif atau corak kain tradisional, masing – masing etnik pasti memiliki jenis kain tradisionalnya. Seperti halnya dengan kain yang akan kita bahas kali ini, kain tenun koffo. Kain tenun koffo berasal dari Sulawesi Utara, kain satu ini adalah kain yang biasa dipakai oleh putra dan putri kerajaan Sangihe. Tenunan Kain Koffo dibuat atau dikerjakan putra-putri Raja di Sangihe Talaud yang sarangsen maka kahiwu dan bahan Bakunya diambil dari serat pohon pisang abaka atau orang sangihe talaud menyebutnya hote/rote dan orang manado menyebut pisang manila atau kofi sangi untuk minahasa. Kain koffo merupakan satu dari berbagai macam kain kebudayaan Indonesia. Kain ini memiliki unsur budaya sendiri dan memang biasanya hasil tenunan kain koffo tersbut dipakai oleh orang Sangihe Talaud baik laki-laki atau perempuan dengan motif yang mirip damask kembang berwarna tunggal.

Kain koffo pada awalnya merupakan primadona bagi para masyarakat Sulawesi, dilihat dari penjualannya dimana-mana dan biasa dipakai untuk pakaian keagamaan, membuat kain ini memiliki nilai tersendiri bagi pemakainya. Namun, apa kalian tau? Kain toffo ini termasuk kain yang hampir punah. Kenapa? Karena sudah banyak orang yang sudah memilih kain lain sebagai favoritnya. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat seorang putri Sulawesi, Cindy Wowor. Dan akhirnya pada bulan April 2017 yang lalu, dia mendirikan COFO untuk  pengembangan dan pelastarian kain tenun Koffo sebagai salah satu nilai nilai budaya bangsa dari Provinsi Sulawesi Utara yang sempat punah,dengan menggunakan bahan kapas dan modern lainnya dengan mempertahankan ragam hias asli Koffo serta modifikasi baru yang dikembangkan sebagaimana aslinya pada masa lalu.

Nah, diatas adalah penjelasan sedikit tentang kain koffo. Mungkin kalian tertarik untuk memulai usaha atau bisnis di bidang pakaian? Konveksi Baju Online bisa menjadi pilihan dan dapat diandalkan! Jika ada pertanyaan  bisa langsung menghubungi 085697924402 atau bisa mendatangi langsung workshop kami di JL. CIREUNDEU INDAH III Gang Musholla NO 62A RT 1 RW 3, Ciputat Timur, Pisangan, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *