Kain Khas Nusantara, Kain Tapis Lampung

Kembali lagi dengan topic kain nusantara, kali ini Konveksi Baju Online akan membahas sedikit tentang kain Tapis. Seperti pada sebelum sebelumnya, Indonesia memiliki berbagai macam kain khas dari daerah daerahnya, seperti topic yang akan kita bahas kali ini. Kain tapis, kain khas Lampung,

Kain tradisional yang bernama kain tapis Lampung ini menjadi salah satu kebanggan masyarakat Lampung. Kain adat yang masih dibuat dengan peralatan sederhana ini terbuat dari kain yang berbahan benang katun dan sulaman emas/perak.

Keunikan kain Tapis Lampung yang membuatnya berbeda dengan kain tenun lainnya adalah terdapatnya sulaman yang menjadi hiasan motif pada kain. Sulaman yang berasal dari benang emas/perak ini menghias kain dengan berbagai motif, seperti motif alam, flora, dan fauna. Motif sulaman juga banyak mengandunng filosofi makna yang tinggi karena banyak menggambarkan makna budaya dan spiritualitas.

Kain Tapis kerap digunakan sebagai pakaian wanita suku lampung, kain tenun ini kebanyakan digunakan pada bagian pinggang kebawah dalam bentuk sarung. Jenis kain tapis lampung pun banyak macamnya yang dikategorikan berdasarkan jenis, asal dan  pemakainya.

Selain digunakan untuk busana adat, kain tapis lampung juga tampak cantik saat digunakan untuk busana modern seperti bolero atau blazer. Dapat pula dikombinasikan dengan bahan berwarna polos untuk mengimbangi warna emas dari kain tapis lampung yang tampak menyolok.

Untuk kain tapis Lampung yang kainnya tebal, dapat diolah menjadi outwear seperti blazer maupun sarung yang dikombinasikan dengan blus, tunik maupun kebaya. Untuk kain tapis Lampung yang bahan kainnya lebih ringan, cocok jika diolah menjadi busana pesta, cocktail atau setengah resmi berupa gaun dan blus. Untuk kain tapis yang lebarnya terbatas seperti selendang, bisa diolah menjadi busana yang simple seperti rok mini, dibuat obi, ikat pinggang maupun selendang untuk pemanis penampilan.

Jika ingin menggunakan kain tapis tanpa dilakukan pengguntingan kain, dapat menggunakan konsep draperi yaitu memainkan kain dengan alat bantu jarum, peniti, tali dan aksesoris lainnya.

Untuk perawatan kain tapis Lampung yang bahannya ringan, bisa dicuci dengan tangan dengan menggunakan sabun bayi, sampo atau sabun khusus. Namun akan lebih baik lagi jika menggunakan cara dry cleaning. Hindari pencucian yang terlalu sering, karena akan merusak warna benang dan detail sulaman. Hindari menjemur dibawah sinar matahari secara langsung dan saat menyetrika, gunakan setrika uap. Simpan busana yang terbuat dari kain tapis dengan cara menggantung dalam lemari, sedangkan untuk kain yang berupa lembaran sebaiknya disimpan dengan cara digulung, untuk menghindari kerusakan permanen pada kain karena lipatan.

Kain tapis harus bisa kita lestarikan, karena kain ini termasuk salah satu warisan yang kita punya. Butuh jasa konveksi? Konveksi Baju Online pilihannya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *