kain sulam usus

Kain Khas Nusantara, Kain Sulam Usus

Konveksi Baju Online 085697924402

Pernah mendengar nama kain sulam usus? Kenapa bisa disebut kain sulam usus sih? Nah, disini kain sulam usus disebut demikian karena memang desainnya yang bisa dibilang menyerupai struktur usus. Kain ditenun sedemikian rupa hingga berbentuk seperti usus.

Sulam usus adalah seni kerajinan sulam yang telah ada sejak dulu dalam masyarakat Lampung Pepadun. Awalnya Sulam Usus hanya berupa ‘bebe’ atau penutup bagian dada para wanita dan penari penari kala upcara adat atau pesta pernikahan berlangsung. Seiring waktu Sulam Usus semakin ber-methamorphosa menjadi busana yang aplikatif dan unik.  Tapi tak banyak yang mengetahui proses rumit dan unik di balik indahnya busana Sulam Usus tersebut. Sulam usus ini terkenal dari daerah Lampung, kain ini merupakan salah satu ikon kain daerah Lampung karena memang modelnya yang unik dan memiliki daya tarik sendiri bagi para penggunanya.

Kain sulam usus patut dihargai dengan harga terbaik, karena proses pembuatannya yang memang cukup lama. Motifnya yang unik dan juga klasik membuat kain ini harus dikerjakan dengan tingkat kesabaran yang baik. Kain sulam usus memiliki harga jual yang tinggi, sehingga rata – rata pemakai kain ini adalah kain menengah keatas. Hasil sulam kain usus biasanya halus dan juga sudah dilengkapi dengan aksesoris yang ciamik agar menambah kesan premium dari kain ini.

Kita harus bisa menghargai para pengrajin kain sulam usus ini supaya kain ini tidak punah atau hilang, oleh karena itu support terus kain khas nusantara ini.

Sekian artikel singkat kali ini, semoga bisa bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *