Tempat Jasa Jahit Tepi Kerudung Untuk Usaha Jualan Kerudung Segiempat

jasa jahit tepi kerudung

Seorang muslimah wajib hukumnya untuk memakai kerudung. Secara teknis, kerudung merupakan kain penutup kepala yang menyembunyikan seluruh helai rambut penggunanya, berikut bagian telinga serta leher. Kerudung yang tepat menutupi tidak hanya bagian-bagian tersebut, tetapi juga menjulur hingga menutupi seluruh bagian dada. Dengan kata lain, kerudung seharusnya memiliki lebar yang cukup. Namun, kerudung dengan karakteristik demikian tentu tampak membosankan bila hadir dalam tampilan polos. Sebab itulah, kini telah hadiri jasa jahit tepi kerudung yang akan memberikan motif pada tepian penutup kepala yang digunakan agar tidak terlihat monoton dan semakin cantik. Sebab, segi estetika pun wajib diperhatikan dalam memakai sebuah kerudung.

Manfaat Menjahit Tepi Kerudung

Cukup banyak manfaat yang didapatkan dengan menjahit tepian kerudung yang dimiliki menggunakan jasa jahit tepi kerudung, antara lain :

  1. Kerudung terlihat anti-mainstream

Satu model kerudung umumnya diproduksi dalam kuantitas besar untuk menghemat biaya produksi. Jadi, hampir mustahil untuk memiliki sebuah model kerudung hanya untuk diri sendiri. Kecuali, kerudung tersebut memang dijahit khusus dan satu-satunya, yang tentu membutuhkan nominal yang besar untuk mewujudkannya. Kesamaan tersebut dapat diatasi dengan menjahit tepi kerudung menggunakan motif tertentu yang berbeda dan khas, sehingga meskipun modelnya sama, item tersebut menjadi berbeda dan menjadi hanya satu-satunya di dunia.

  1. Menunjukkan identitas

Jika ingin menunjukkan bahwa kerudung tersebut adalah milik pribadi atau kelompok tertentu, maka menjahit bagian tepinya juga dapat menjadi sebuah solusi yang cukup hemat biaya dibandingkan harus memproduksi sebuah kerudung secara khusus. Tepian kerudung dapat diberikan tulisan nama atau kelompok terkait.

  1. Lebih rapi

Beberapa produsen kerudung kadang tidak memperhatikan detail dengan baik, terutama di bagian tepiannya yang memiliki kualitas jahitan buruk sehingga membuat produk mudah rusak karena serat kainnya tertarik sedikit demi sedikit. Hal tersebut dapat diatasi juga dengan menjahit tepian kerudung supaya lebih rapi dan lebih kuat, sehingga kerudung pun dapat lebih awet serta tahan lama.

Macam Motif Tepian Kerudung

Banyak sekali motif tepian yang dapat dibuat dengan memanfaatkan jasa jahit tepi kerudung. Berikut ini adalah motif-motif yang dapat diterapkan untuk model tepian kerudung milik pribadi maupun kelompok :

  1. Motif jahitan sederhana

Motif ini tujuannya hanya untuk memperkuat jahitan asli dari pabrik agar tepian kerudung lebih rapi dan kuat.

  1. Motif nama

Bila kerudung digunakan oleh kelompok maupun instansi tertentu, atau dapat pula untuk anak-anak agar tampil berbeda, dapat diberikan jahitan sederhana yang membentuk rangkaian nama instansi, organisasi, kelompok maupun individu bersangkutan. Jahitan sederhana maksudnya adalah menggunakan benang biasa.

  1. Motif renda

Jika ingin lebih cantik, maka tidak ada salahnya menjahit tepian kerudung dengan motif renda yang menyerupai brokat. Motif ini memungkinkan kerudung tersebut dipakai menghadiri acara pesta dan semacamnya.

Penyedia Jasa Jahit Tepi Kerudung

Untuk keperluan menjahit tepian kerudung, bila kuantitasnya hanya sedikit dapat memanfaatkan jasa penjahit konvensional yang sudah menjadi langganan. Namun, bila diperlukan untuk jumlah besar, sebaiknya memanfaatkan jasa konveksi yang memiliki lebih dari sepuluh mesin jahit untuk mengerjakan pesanan. Konveksi juga menetapkan tarif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan penjahit konvensional karena kuantitas pengerjaannya dalam jumlah banyak sehingga biaya produksi secara keseluruhan pun dapat lebih hemat, sebagaimana prinsip yang sama berlaku pula untuk pembelian item secara grosir.