jasa jahit kemeja

Sebelum Memakai Jasa Jahit Kemeja, Yuk Pahami Dulu Jenis Bahannya

jasa jahit kemeja

Semakin majunya teknologi digital membuat semuanya lebih mudah. Termasuk dalam membuat baju sendiri. Dulu untuk mencari penyedia jasa jahit, anda harus berkeliling dan mencari yang tepat. Itupun hasilnya lama dan belum tentu berkualitas. Terkadang harus menunggu berbulan-bulan hanya untuk satu baju saja. Tapi dengan jasa jahit online, semuanya lebih mudah. Anda hanya perlu menyediakan model baju yang akan dibuat. Jasa jahit yang mencari kainnya dan menyesuaikan ukuran yang anda minta. Waktu pembuatannya pun bisa cepat. Buat anda yang ingin membuat kemeja, di jasa jahit kemeja lebih baik kenali bahan apa yang sering digunakan. Sehingga anda tahu jenis bahan apa yang cocok untuk kemeja anda. Berikut ini beberapa jenis bahan yang paling banyak digunakan.

Katun

Anda pasti tidak asing dengan bahan ini. Katun sering digunakan untuk membuat kemeja. Teksturnya adem, halus dan bisa menyerap keringat. Terbuat dari 100% serat kapas alami. Bahan katun ini juga memiliki jenis yang banyak sekali. Ada yang tipis dan tebal. Biasanya dibedakan dengan 20s, 30s,24s dan lainnya. Hal itu untuk menunjukkan ketebalan dari katun tersebut. Bahan katun juga banyak digunakan untuk membuat kaos. Ada yang motif dan polos. Jadi anda harus pastikan seperti apa bahan yang bagus untuk kemeja anda.

Polyester

Sekilas polyester hampir mirip dengan katun. Terbuat dari bahan serat buatan. Sering dikenal sebagai kualitas rendah dari bahan katun. Bahannya memang tidak selembut katun. Ketika dipegang pun agak panas. Harganya lebih murah dibandingkan katun. Bahan ini mudah dikusut dan jika dicuci terus menerus cepat sekali kusam. Tetapi ada beberapa jenis polyester yang kualitasnya agak bagus. Jadi anda harus memastikannya dengan teliti.

Spandek

Spandek memang jarang digunakan untuk membuat kemeja. Lebih sering dipakai untuk dress, tunik dan lainnya. Tapi tidak ada salahnya anda membuat kemeja di jasa jahit kemeja memakai bahan spandek. Bahan ini terbuat dari serat sintesis polymer. Bahannya terlihat elastis seperti karet. Bahannya adem dan mudah menyerap keringat. Lentur digunakan dan bisa membuat lekukan tubuh terlihat. Ada yang polos dan motif, warna yang disediakan juga banyak sekali.

Fleece

Mungkin anda sedikit asing dengan bahan fleece. Bahan ini sekilas mirip wol. Sering digunakan untuk membuat kemeja, sweater, jaket, celana dan lainnya. Terasa ringan dan adem ketika digunakan. Bisa menyerap keringat dengan baik dan nyaman. Harganya pun tidak terlalu mahal. Bisa menjadi pilihan yang cocok buat anda untuk membuat kemeja. Bahan ini pun tidak tipis. Tebal tapi tidak tebal yang membuat panas.

Drill

Bahan drill merupakan perpaduan bahan polyester dan katun. Kain ini dibuat dengan cara dipital. Sehingga terlihat kuat. Bahannya pun nyaman dan adem. Sering digunakan untuk kemeja seragam kantor atau pegawai negeri sipil. Anda juga bisa menggunakan untuk membuat kemeja sehari-hari.

Teteron Cotton (TC)

Bahan teteron cotton terbuat dari kombinasi 65% polyester dan 35% katun. Hampir mirip dengan bahan drill tapi kombinasi dari keduanya sedikit berbeda. Sayangnya bahan ini kurang bisa menyerap keringat. Jadi agak panas digunakan. Tapi kelebihannya tidak mudah melar dan kusut. Walaupun tidak disetrika.

Ada banyak sekali jenis bahan yang ada di pasaran. Apalagi saat ini banyak jenis bahan baru yang mulai bermunculan. Memiliki kekurangan dan kelebihan masing. Ketika memakai jasa jahit kemeja., pilihlah bahan yang tepat. Lakukan konsultasi terlebih dahulu, supaya hasilnya lebih maksimal.